Metodologi Penelitian untuk Iklan Youtube “Pigeon Teens Milk Tea Series”
Hi, gimana kabarnya? Ketemu lagi ya di blog saya kali ini. Blog kali ini saya akan membahas tentang Iklan Youtube “Pigeon Teens Milk Tea Series”. Langsung aja simak pembahasannya di bawah ya!
PENDAHULUAN
Pada era globalisasi, teknologi yang berkembang memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi secara praktis dan efektif di zaman yang serba canggih ini. Di masa sekarang ini tidak ada kehidupan sosial dan budaya yang tidak bersentuhan dengan teknologi. Teknologi tersebut tidak lepas dari yang namanya sebuah media komunikasi. Untuk mencapai target komunikasi kita dapat menggunakan salah satu media bahkan menggabungkan beberapa media sekaligus. Untuk memberikan tampilan penyampaian yang komplit dapat dengan melalui media audio visual yang bisa ditangkap secara lengkap dan cepat.
Salah satu media komunikasi yang mengalami perkembangan adalah Youtube, media ini mempunyai berbagai fungsi. Fungsi Youtube sendiri adalah sebagai alat informasi bagi masyarakat yang membutuhkan informasi nasional maupun internasional yang melibatkan penerima pesan dalam skala jumlah banyak serta tersebar dalam area geografis yang luas. Tidak hanya sebagai media informasi, Youtube juga dijadikan media untuk beriklan. Secara singkat, iklan merupakan salah satu cara berkomunikasi yang efektif yang digunakan dalam menyampaikan informasi. Hal tersebut dapat digunakan untuk membujuk masyarakat supaya menggunakan produk dan jasa yang telah dipromosikan. Semakin menarik iklan dibuat, maka kemungkinan minat masyarakat juga semakin besar. Banyak produk lokal maupun produk luar yang mengiklankan produk mereka pada Youtube, salah satunya yaitu Pigeon Teens. Berawal dari kesuksesan berbagai macam produk PIGEON Baby yang sudah terpercaya ibu sejak didirikan di Jepang tahun 1957, PIGEON juga mengembangkan seri produk perawatan khusus untuk remaja yang dipercaya oleh para ibu untuk putri mereka dibawah naungan brand PIGEON Teens. Rangkaian produk PIGEON Teens adalah rangkaian produk skincare dan makeup yang diformulasikan khusus untuk kulit remaja berupa produk facial foam, moisturizer, compact powder, dan face powder. Produk Pigeon Teens juga telah teruji secara secara dermatologis, halal dan mempunyai formula yang ringan sehingga cocok digunakan untuk remaja usia 10 tahun ke atas yang baru mencoba produk skincare.
METODOLOGI PENELITIAN
Pada penelitian kali ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif bertujuan untuk menjelaskan suatu fenomena dengan cara mengumpulkan sumber data selengkap mungkin. Menurut (Moleong, 2018) Penelitian kualitatif berakar pada latar alamiah sebagai keutuhan, mengandalkan manusia sebagai alat penelitian, menggunakan metode kualitatif, dan melakukan analisis data secara induktif. Metode kualitatif adalah metode yang menitikberatkan pada pengamatan mendalam. Oleh karena itu, penggunaan metode kualitatif dalam penelitian dapat memberikan kajian fenomena yang lebih luas. Penelitian kualitatif yang menitikberatkan pada kemanusiaan atau individu manusia dan perilaku manusia, merupakan respon terhadap kesadaran bahwa semua hasil manusia dipengaruhi oleh aspek-aspek dalam diri individu tersebut. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu metode analisis semiotika. Analisis semiotik juga dikenal sebagai makna tanda. Semiotika digunakan sebagai menafsirkan sebuah makna pesan komunikasi tertulis atau tidak tertulis dari pembawa pesan ke penerima pesan. Sebagai model dari ilmu pengetahuan sosial, analisis semiotika memahami dunia sebagai sistem hubungan yang memiliki unit dasar dengan tanda. Maka dari itu, semiotika mempelajari hakikat tentang keberadaan suatu tanda (Wahjuwibowo, 2018). Subjek dalam penelitian ini adalah Iklan Youtube “Pigeon Teens Milk Tea Series”. Objek dalam penelitian ini adalah video iklan yang diunggah pada akun Youtube Pigeon Teens Indonesia.
Komentar
Posting Komentar